Sekilas Rusunawa UMM

in 0

Rusunawa atau Rumah Susun Sederhana Sewa UMM merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Republik Indonesia. Proses pembangunan Rusunawa dimulai pada bulan Maret 2008 dan berakhir bulan Desember 2008 lalu.

Rusunawa mempunyai 2 fungsi. Blok A akan dimanfaatkan untuk hunian sementara bagi mahasiswa baru peserta program Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) dengan frekuensi 2 kali per bulan. Blok B dialokasikan sebagai tempat tinggal mahasiswa baru yang berminat menyewa, khususnya bagi mahasiswa putri yang berasal dari luar daerah.


Rusunawa UMM dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi yang terletak di sebelah utara kompleks Kampus III UMM. Bangunan dibuat 2 blok (yaitu Blok A dan Blok B) yang masing-masing berukuran 38 x 22 M. Blok A berkapasitas 240 orang dan Blok B dengan kapasitas 192 orang. Masing-masing blok terdiri dari 2 bangunan berlantai 4. Tempat hunian mahasiswa ditempatkan pada lantai 2 sampai dengan 4. Untuk lantai 1 dimanfaatkan sebagai tempat fasilitas umum.

Kamar hunian berukuran 5,2 x 4,2 M dengan kamar mandi dalam. Kapasitas tiap kamar di Blok A adalah 4 orang, sedangkan tiap kamar di Blok B mampu menampung 3 orang. Fasilitas kamar terdiri dari tempat tidur, almari pakaian, dan meja-kursi belajar. Fasilitas lain di luar kamar antara lain: dapur, sarana peribadatan, hall, tempat parkir, taman, internet, dan lain-lain.

Dengan dibangunnya Rusunawa ini, sebagian kebutuhan tempat tinggal mahasiswa UMM akan terpenuhi, walaupun baru dapat dimanfaatkan sebagian kecil mahasiswa. Rusunawa dengan dilengkapi sarana penunjang yang memadai diharapkan dapat menjadi komplek mahasiswa yang inklusif dan berfungsi maksimal sesuai untuk menunjang proses studi mahasiswa.

Leave a Reply