Sekilas PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang

in 0

Pembentukan PMII komisariat UMM dirintis oleh Pengurus Cabang PMII Malang periode kepengurusan Sahabat Fauzan Alfas S.H (1991-1992). Selain sebagai motivasi untuk mengmbangkan kelembagaan PMII, juga sebagai wadah bagi Mahasiswa UMM untuk beraktifiatas, beribadah dan memperjuangkan idealismenya.

PMII Komisariat UMM resmi dibentuk pada tanggal 03 Mei 1992, bertempat di Jalan Sumbersari Vc 435 Malang, dan Sahabbat Lukman Hakim diamanahi sebagai Ketua komisariat PMII UMM pertama. Pertemuan ini dihadiri oleh 22 orang, dan disepakati nama Komisariat PMII UMM dengan nama Komisariat Al Ikhlas (Sampai 1994).



Perjalanan PMII UMM semakin berkembang dengan munculnya beberapa Rayon-Rayon yang dibentuk di tingkatan Fakultas. Sampai kemudian di lingkungan komisariat UMM terdapat 8 (delapan) Rayon yang berhasil dibentuk. Diantaranya Rayon FISIP, Ekonomi, Teknik, FAI, Psikologi, Pertanian, FKIP dan Hukum. Keberhasilan ini tentunya didasari atas semangat dan konsistensi yang tinggi dalam mengemban amanat organisasi.

Diterimanya PMII di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang, menunjukan bahwa mahasiswa UMM benar benar membutuhkan ruang dalam mengekspresikan ide dan bakat diluar aktifitas akademis. PMII sebagai organisasi pengkaderan telah berhasil dalam menggerakkan semangat, ide, kekritisan dan kreatifitas mahasiswa UMM untuk diarahkan ke sebuah titik dalam memperjuangkan cita cita kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari ini, ditengah ketidakjelasan gerakan mahasiswa, PMII UMM terus berusaha untuk mempertahankan konsistensinya dalam bergerak. Sebagai organisasi pengkaderan, PMII UMM akan terus menempa anggotanya menjadi insan yang berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggungjawab, sehingga apa yang kemudian dimaksud dengan proses tanggungjawab sosial bisa diwujudkan dengan kongkrit.

Tangan terkepal dan maju kemuka…

Leave a Reply